Minggu, 09 Desember 2012

TUGAS KULIAH


Indeks Kesiapan Berjejaring Indonesia 2012
 Salah satu faktor yang menentukan kemenangan pasangan Jokowi-Basuki dari Fauzi-Nachrowi dalam Pilkada DKI minggu lalu adalah penggunaan yang intensif dari teknologi informasi dan komunikasi dalam menyebarluaskan visi dan program, menarik perhatian pemilih baru, melawan berbagai isu yang dilontarkan di forum nyata, dan lain-lain. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang berwujud telpon genggam dan komputer sebagai raga dan kandungan informasi (internet) sebagai nyawa, yang saling terhubung melalui kabel atau gelombang udara, memang telah memasuki berbagai ranah kehidupan. Perkembangan TIK berlangsung pesat di seluruh dunia, dan memberikan dampak yang besar pada perorangan, bisnis dan pemerintah. TIK mengurangi kendala jarak fisik, jarak psikologis, dan jarak ekonomi; memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan menyumbangkan informasi dan gagasan secara bebas ke seluruh dunia dalam waktu sekejap.
Sudah terbukti di banyak negara bahwa TIK mendorong inovasi dan kreativitas, menambah lapangan kerja, meningkatkan produktivitas. Dijitisasi informasi juga selain mewujudkan pemilu yang demokratis, cepat dan murah seperti di Jakarta tersebut,  juga memperluas akses publik terhadap layanan pemerintah, meningkatkan transparansi, mengurangi korupsi; mendorong terbentuknya berbagai komunitas sehingga meningkatkan keguyuban (kohesivitas) sosial, dan tentunya juga meningkatkan kecerdasan dan kesehatan bangsa. Namun tidak setiap negara memperoleh manfaat yang sama besarnya, ada faktor-faktor lain yang juga berpengaruh.
Atas dasar pertimbangan itulah, World Economic Forum (WEF) dan INSEAD meneliti perkembangan TIK, penggunaannya dan dampaknya di seluruh dunia,  dan menuangkan hasilnya dalam suatu indeks yang terukur sehingga dapat diperbandingkan antara satu negara dengan negara lain.[1] Ada empat hal utama yang diteliti, yaitu:
          kerangka peraturan dan sikap pemerintah terhadap ekonomi terkait dengan perkembangan TIK;
          tingkat kesiapan negara (pemerintah, bisnis dan perorangan) untuk menggunakan sarana dan prasarana TIK;
          upaya yang dilakukan para pelaku untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan TIK dan bagaimana menggunakan kemampuan itu dalam kehidupan sehari-hari; dan
          dampak ekonomi dan sosial yang diperoleh negara dari penggunaan TIK.
Diharapkan dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing negara dalam berbagai aspek TIK tersebut, maka para pengambil keputusan dapat merumuskan kebijakan dan program pengembangan TIK secara lebih tepat lagi. Upaya pemerintah tidak tidak cukup hanya memperluas akses, tetapi juga sejak awal mengembangkan ragam aplikasi dan penggunaannya untuk berbagai bidang kehidupan secara produktif sesuai dengan kebutuhannya. Dengan memahami TIK ini, pemerintah dituntut tidak hanya menonton perkembangan yang terjadi atau hanya menggunakannya karena alasan “yang lain juga menggunakan”, tetapi mengarahkan dan mendorong perkembangannya sehingga memberi dampak yang maksimal terhadap kehidupan dan kesejahteraan rakyat.
Indeks Kesiapan Berjejaring
Laporan tahunan The Global Information Technology Report 2012 yang diterbitkan WEF dan INSEAD memuat urutan negara-negara di dunia menurut Indeks Kesiapan Berjejaring (Networked Readiness Index). Indeks Kesiapan Berjejaring (selanjutnya disingkat IKB) mengukur tingkat kemajuan negara-negara atas dasar kecanggihan teknologi informasi dan komunikasinya. IKB  dibangun dari 4 unsur atau sub-indeks, dan setiap sub-indeks dibentuk dari 10 pilar, dan setiap pilar dibentuk dari beberapa indikator. Total ada 53 indikator yang digunakan untuk mengukur kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini. Ke empat sub-indeks tersebut adalah lingkungan (environment), kesiapan (readiness), penggunaan (usage) dan dampak (impact). Ke 10 pilar dan beberapa indikator penting akan diuraikan saat menjelaskan hasil perlombaan antar bangsa dalam kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi berikut ini.
a. Tingkat Global
Pada tingkat global, juara pertama lomba kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menurut WEF tahun ini adalah Swedia, disusul oleh negara tetangga Singapura, kemudian negara-negara Eropa lain (Finlandia, Denmark, Swiss, Belanda, Norwegia), selanjutnya AS, Kanada dan Inggris. Negara Asia lain yang menempati posisi puncak adalah Taiwan (ke 11), Korea Selatan (ke 12), Hong Kong (ke 13), dan Jepang (ke 18).[2] Indonesia sendiri ternyata berada pada peringkat ke 80 dari 142 negara yang disurvei.
b. Tingkat ASEAN
Pada tingkat Asia Tenggara, setelah Singapura, Malaysia adalah negara yang tertinggi tingkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasinya, disusul oleh Brunei Darussalam dan Thailand, baru kemudian Indonesia dan negara-negara lain. Perbedaan peringkat antara juara ke dua (Malaysia, ke 29) dan ke 3 (Brunei Darussalam, ke 54) sangat jauh, yaitu 25 tingkat, demikian juga antara negara peringkat ke tiga dan ke empat (Thailand, ke 77) cukup jauh (17 tingkat). Lihat Tabel 1. Sedangkan antara Indonesia (ke 80) dan Thailand (ke 77) hanya terpaut 3 tingkat. Perbedaan antara peringkat Indonesia dengan negara-negara yang peringkatnya lebih tinggi mengindikasikan akan sulitnya Indonesia mendapat medali perunggu dalam bidang IT di ASEAN, yang saat ini dipegang oleh negara tetangga yang berpenduduk hanya 400 ribu jiwa (Brunei Darussalam), apalagi untuk mengungguli juara kedua, yaitu Malaysia.
Pada pihak lain, perbedaan peringkat antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lain yang peringkatnya lebih bawah, ternyata tidak terlalu jauh, hanya terpaut 3 tingkat, yaitu Vietnam (ke 83) dan Filipina (ke 86). Ini artinya, Indonesia dengan mudah dapat dilampaui oleh ke dua negara tersebut. Adapun negara-negara ASEAN lain yang berada di urutan terbawah adalah Kambodia (ke 108) dan negara tetangga dekat Timor Leste (ke 132). Dibandingkan dengan China (ke 51) dan India (ke 69), Indonesia juga tertinggal relatif jauh, yaitu 30 dan 10 tingkat berturut-turut.
Tabel 1. Indeks Kesiapan Berjejaring ASEAN, China dan India; 2012
No        Negara            Indeks Kesiapan Berjejaring
1          Singapura        2
2          Malaysia         29
3          Brunei Darussalam     54
4          Thailand          77
5          INDONESIA      80
6          Vietnam          83
7          Filipina            86
8          Kambodia        108
9          Timor-Leste     132
10        China   51
11        India    69
Sumber: WEF (2012), diolah (semua tabel)
Faktor Penentu Peringkat
Seperti dijelaskan di depan, Indeks Kesiapan Berjejaring ditentukan oleh empat sub-indeks. Di antara ke empat sub-indeks ini, peringkat yang terbaik ada pada sub-indeks lingkungan peraturan dan inovasi bisnis (ke 72) dan kesiapan sarana dan prasarana (ke 74), dan peringkat lebih rendah dalam aspek penggunaan IT (ke 85) dan dampak terhadap ekonomi dan sosial (ke 86). Perbandingan dengan negara lain adalah sebagai berikut. Secara umum, peringkat untuk masing-masing sub-indeks sama dengan peringkat untuk Indeks Kesiapan Berjejaring, hanya dalam beberapa sub-indeks terdapat perbedaan.  Dalam hal kesiapan sarana dan prasarana TIK, peringkat Indonesia (ke 74) sedikit lebih baik daripada Thailand (ke 75) dan Brunei Darussalam (ke 87). Sebaliknya, dalam aspek dampak IT, Indonesia (ke 86) tertinggal dari Vietnam (ke 79), dan Filipina (ke 84).  Dibandingkan dengan China dan India, Indonesia hanya lebih baik dari India (ke 78) dalam aspek lingkungan. Lihat Tabel 2.
Tabel 2. Indeks Kesiapan Berjejaring ASEAN, China dan India menurut Sub-indeks; 2012
            Negara            Lingkungan      Kesiapan          Penggunaan    Dampak
1          Singapura        1          8          5          1
2          Malaysia         23        55        29        24
3          Brunei Darussalam     57        87        41        50
4          Thailand          59        75        83        85
5          INDONESIA      72        74        85        86
6          Vietnam          96        86        69        79
7          Filipina            111      77        86        84
8          Kambodia        89        106      111      110
9          Timor-Leste     129      117      131      133
10        China   64        66        51        41
11        India    78        64        78        52
Dalam sub-indeks lingkungan, ada dua pilar yang dipertimbangkan,  yaitu pilar lingkungan politik dan peraturan, dan pilar lingkungan bisnis dan inovasi. Dalam pilar lingkungan politik dan peraturan yang terkait dengan TIK, Indonesia perlu belajar dari Vietnam dan Kambodia yang menempati peringkat lebih baik. Sedangkan dalam pilar lingkungan bisnis dan inovasi, peringkat Indonesia (ke 64) lebih baik dari Brunei Darussalam (ke 76).
Kemampuan suatu negara dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tergantung pada kesiapannya. Dalam sub-indeks Kesiapan ini, Indonesia menempati posisi di tengah-tengah (ke 74). Posisi ini tentu saja tidak menggembirakan karena sebagian besar negara adalah negara berkembang. Jadi diantara negara-negara berkembang pun, kesiapan bangsa Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tidak lebih maju. Aspek kesiapan ini ditentukan oleh infrastruktur, kandungan/aplikasi dijital dan keterjangkauan pengguna untuk membeli dan menggunakan sarana informasi dan komunikasi. Dibandingkan negara-negara ASEAN lain,  Indonesia unggul dalam aspek aplikasi dijital (peringkat ke 34), hanya Singapura dan Thailand yang  mengalahkan Indonesia. Sedangkan dalam aspek infrastruktur pendukung, Indonesia menempati posisi jauh di belakang (ke 103). Dalam aspek keterjangkauan, posisi Indonesia (ke 69) relatif sama dengan Vietnam, Thailand dan Filipina.
Ditinjau dari aspek penggunaan teknologi IT oleh perorangan, bisnis dan pemerintah (sub-indeks ke 3), Indonesia masih harus belajar dari negara-negara ASEAN dan dari China dan India. Secara keseluruhan peringkat Indonesia adalah yang ke 85, berada di belakang Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam dan Thailand. Faktor utama dibalik tingkat penggunaan yang rendah ini adalah penggunaan oleh perorangan (peringkat ke 103) yang tidak semaju negara-negara ASEAN lain.  Namun dunia bisnis di Indonesia lebih maju dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ke 49) dibandingkan negara-negara ASEAN lain, kecuali Singapura (ke 14) dan Malaysia (ke 27). Dibandingkan China (ke 51) dan India (78), Indonesia juga secara keseluruhan masih tertinggal.
Selanjutnya dalam hal dampaknya pada perekonomian dan kehidupan sosial (sub-indeks ke 4), Indonesia berada pada posisi yang relatif tertinggal. Secara keseluruhan, peringkat Indonesia adalah di urutan ke 86, jauh di belakang Singapura (ke 1), Malaysia (ke 24) dan sebagian negara-negara ASEAN lain, serta dari China (ke 41) dan India (ke 52). Ketertinggalan Indonesia ini disumbang oleh kenyataan bahwa ICT di Indonesia berpengaruh relatif kecil terhadap perekonomian (ke 106), bandingkan dengan India yang menempati urutan ke 41. Dampak terhadap kehidupan sosial (ke 66), lebih baik dari bidang perekonomian (ke 106), fenomena yang tampak jelas saat proses pilkada DKI berlangsung.
Secara keseluruhan dari sepuluh pilar pembentuk Indeks Kesiapan Berjejaring, pilar terbaik adalah Keterjangkauan (ke 34) dan Penggunaan Bisnis (ke 49). Sedangkan pilar terburuk adalah Penggunaan Perorangan (ke 103) dan Dampak Ekonomi (106). Lihat Tabel 3.
Tabel 3. Indeks Kesiapan Berjejaring Indonesia menurut Pilar; 2012
No        Pilar     Peringkat
1          Keterjangkauan           34
2          Penggunaan bisnis      49
3          Lingkungan bisnis dan inovasi            64
4          Dampak sosial 66
5          Keterampilan  69
6          Penggunaan pemerintah        75
7          Lingkungan politik dan peraturan      88
8          Infrastruktur dan aplikasi dijital         103
9          Penggunaan perorangan        103
10        Dampak ekonomi        106
Indikator Terbaik dan Terburuk
Dari 53 indikator yang dijadikan dasar untuk menghitung Indeks Kesiapan Berjejaring, empat indikator berada di kelompok 40 besar dunia, yaitu keberadaan modal ventura (ke 17), kapasitas inovasi (ke 30), pembelian barang teknologi maju oleh pemerintah (ke 34), tarif selular bergerak (ke 34). Dua indikator  yang relatif baik adalah kualitas sistem pendidikan (ke 44), dan penggunaan jaringan sosial virtual (ke 48). Sedangkan indikator yang termasuk dalam peringkat terburuk dunia adalah produksi listrik (ke 109), pitalebar internet internasional (ke 109), server internet aman (ke 109), rumah tangga dengan akses internet (ke 109), pengguna internet (ke 118), dan yang terburuk adalah waktu untuk memulai bisnis (ke 124). Lihat Tabel 4. Beberapa faktor positif yang menentukan Indeks Kesiapan Berjejaring ternyata tidak terkait langsung dengan TIK, seperti keberadaan modal ventura, kapasitas inovasi, pembelian pemerintah untuk barang-barang berteknologi maju, dan tarif seluler yang relatif terjangkau. Demikian juga faktor non-IT juga mempengaruhi secara negatif kecanggihan IT Indonesia, yaitu masalah listrik dan peraturan terkait pendirian perusahaan.
Tabel 4. Peringkat Terbaik dan Terburuk Indikator Kesiapan Berjejaring Indonesia; 2012
No        Indikator Terbaik        Indikator Terburuk
1          Keberadaan modal ventura (17)        Produksi listrik (109)
2          Kapasitas inovasi (30) Pitalebar internet internasional (109)
3          Pengadaan barang teknologi maju pemerintah (34) Server internet (109)
4          Tarif selular bergerak (34)     Rumah tangga dengan akses internet (109)
5          Kualitas sistem pendidikan (44)          Pengguna internet (118)
6          Penggunaan jaringan sosial virtual (48)         Waktu untuk memulai bisnis (124)
Penutup
Peringkat Indonesia dalam menguasai dan memanfaatkan TIK yang diukur dengan Indeks Kesiapan Berjejaring ternyata tidak begitu menonjol dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lain atau negara-negara lain di dunia pada umumnya. Ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk meningkatkan manfaat TIK. Lingkungan pendukung dan kesiapan infrastruktur perlu diperluas dan ditingkatkan kualitasnya, dan penggunaan TIK dalam berbagai bidang perlu diperhatikan lebih serius lagi.
Agar dapat dikategorikan sebagai negara sekelas dengan China dan India, pemerintah perlu mempunyai target yang lebih tinggi lagi, dengan program-program pengembangan dan penggunaan TIK yang lebih terfokus. Pemerintah perlu mempelopori penggunaan TIK dalam bidang-bidang yang masih lemah, mendorong pelaku bisnis untuk memanfaatkan TIK dan memberi insentif bagi industri dan perguruan tinggi untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang bermanfaat. Diharapkan, dengan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih tersebar, terjangkau, dengan aplikasi yang semakin beragam, maka kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat

Kesimpulan menurut saya:
Dapatsaya simpulkan abhwa latarbelakang teknologi atau pengetahuan serta IT teknologi indonesia sangat tertinggal jauh oleh beberapa negara lain di duinia ini dikarenakan beberapa faktor yang memepengaruhi seperti misalnya indonesia belum bisa terlalu memikirkan teknologi dikarenakan indonesia masih harus memeikirkan faktor lain yang menghambat kemajuannya seperti kemiskinan pendidikan transportasi yang kurang rapi korupsi yang merajalela dan masih banyak hal yang lainnya yang membuat pemerintah kurang begitu memeperhatika teknologi disamping itu faktor utama yang membuat teknologi di indonesia kurang maju menurut saya adalah karena tingkat pendididkan yang rendah dimana masih banyak masyrakat di indonesia yang masih belum banyak yang mengetahui tentang penggunaan teknologi itu sendiri terutama di daerah – daerah pedalaman di indonesia, disamping itu sikap dan sifat ketradisionalan masayarakat indonesia kadangkala membuat mereka sendiiri sangat menjungjung tinggi nilai – nilai kebudayaan atau dalam arti lain primodialisme sehingga yang terjadi adalah ketidaksiapan dalam menerima perubahan, meneurut saya sikap primordialisme itu memang sangat baik namun kadangkala kita juga harus bisa memahami sesuatu yang lebih baik, dimana seharusnya indonesia dengan begitu banyak kebudayaan di negaranya serta kemajuan teknologi searang ini bisa dengan mudah memnyebarluaskan budayanya atau memberitahu masyarakat dunia bahwa indonesia memiliki kebudayaan yang sangat banyak, namun karena kekurangan pemahaman tentang teknologi menurut saya yang menjadi penghambat negara kita kurang bisa bereksplorasi, dimana banyak sektor – sektor kebudayaan dan pariwisata yang jika di sebarluaskan ke mancanegara akan mendapatkan hasil atau pendapatan bagi negara kita sendiri tentunya, memang sungguh sangat disayangkan keterbatasan pemahaman akan teknologi ini membuat negara kita ini kurang diketahui orang bahkan lebih mengetahui BALI ketimbang indonesia.


Berikutta ada sebuah artikel yang saya ambil dari internet yang memang membuat saya sedikit tertawa setelah membacanya, ! silahkan lihat :
Tatakota di indonesia, khususnya jakarta masih semerawut. Pelayanan publik dan sampah menjadi PR yang tak kunjung selesai. Seandainya saja Indonesia bisa seperti…

Description: http://img8.imageshack.us/img8/753/1jalan1.jpg

Kemacetan adalah masalah terbesar yang dimiliki kota metropolitan, jakarta. Sikap tidak disiplin para pengendara plus kurangnya perhatian pemerintah seakan menjadikan “macet” sebagai ikon ibu kota jika saja lalulintas di jakarta seperti ini…

Description: http://img9.imageshack.us/img9/8082/1jalan2.jpg

Permasalahan Kereta Api...

Description: http://img695.imageshack.us/img695/5263/4kereta1.jpg

jika saja fasilitas kereta api seperti…

Description: http://img39.imageshack.us/img39/1569/4kereta2.jpg

bus kota

Description: http://img218.imageshack.us/img218/776/11bus1.jpg

jika saja bus kota seperti…

Description: http://img188.imageshack.us/img188/6131/11bus2.jpg

Pengguna Motor

Description: http://img24.imageshack.us/img24/7389/2motor1.jpg

jika saja semua sadar seperti…

Description: http://img9.imageshack.us/img9/6457/2motor2.jpg

Sikap Pengayom Masyarakat?

Description: http://img268.imageshack.us/img268/1816/5polisi1.jpg

jika saja sikap polisi seperti…

Description: http://img341.imageshack.us/img341/7818/5polisi2.jpg

kawasan sungai kumuh

Description: http://img695.imageshack.us/img695/760/3kumuh1.jpg

jika saja pemanfaatan sungai di jakarta seperti…

Description: http://img204.imageshack.us/img204/570/3kumuh2.jpg

Sekolah

Description: http://img16.imageshack.us/img16/7805/6sekolah1.jpg

jika saja semua sekolah seperti…

Description: http://img18.imageshack.us/img18/1106/6sekolah2.jpg

Buang Sampah Pada Tempatnya

Description: http://img199.imageshack.us/img199/4421/7sampah1.jpg

Jika saja orang2 sadar akan kebersihan, maka akan seperti…

Description: http://img6.imageshack.us/img6/7464/7sampah2.jpg

Jagalah Taman Kota


jika saja orang2 menggunakan taman seperti…

Description: http://img218.imageshack.us/img218/6085/8taman2.jpg

Pemeliharaan Telepon Umum

Description: http://img42.imageshack.us/img42/7682/10telepon1.jpg

jika saja pemeliharaan telepon umum di jakarta seperti…

Description: http://img19.imageshack.us/img19/287/10telepon2.jpg

Tidak Tau apa Tidak Mau Tau?

Description: http://img44.imageshack.us/img44/1348/12merokok1.jpg

jika saja orang2 sadar dan peduli seperti…

Description: http://img13.imageshack.us/img13/6685/12merokok2.jpg

dan inilah impian semua publik indonesia

sepakbola

Description: http://img42.imageshack.us/img42/107/9sepakbola1.jpg

jika saja semangat indonesia dan pengurus pssi seperti…

Description: http://img514.imageshack.us/img514/5542/9sepakbola2.jpg

TERNYATA INI BIANGKEROK NYA BOI...

Dibayar Untuk Tidur?

Description: http://img9.imageshack.us/img9/4598/meeting1z.jpg

jika saja pejabat kita tidak “molor”, tapi bener2 seperti…

Description: http://img145.imageshack.us/img145/2176/meetingu.jpg